DIANTARA KEUTAMAAN MENYAYANGI ANAK YATIM



Diantara Keutamaan Menyayangi Anak Yatim


Oleh : Ustadz Muhammad Sulhan Jauhari, Lc, MHI



📘 DIANTARA KEUTAMAAN MENYAYANGI ANAK YATIM 📗



Di masyarakat sekitar terkadang kita mendapati beberapa anak yatim, yaitu seorang anak belum baligh yang ditinggal wafat ayahnya. Berkaitan dengan hal satu ini, kepedulian Islam dan kaum muslimin terhadap mereka sangat luar biasa. Hal tersebut tampak pada beberapa ayat dan hadis yang menjelaskan tentang mereka. Sebagaimana kita dapati di banyak tempat di Indonesia panti asuhan untuk mengayomi dan mendidik mereka. Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala membalas orang-orang yang peduli dengan anak yatim dengan balasan yang lebih baik di akhirat kelak. 



Berkaitan dengan anak yatim, ada sebuah hadis dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang menunjukan faedah besar bagi orang yang perhatian dengannya. Yaitu, mengusap kepala anak yatim dapat melembutkan hati orang yang melakukannya. 



Berikut akan disampaikan dua buah hadis yang menjelaskan keutamaan amalan yang satu ini. Ditambah dengan sebuah hadis yang menunjukkan kasih sayang Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kepada anak yatim. Adapun beberapa keutamaan lainnya semoga dimudahkan untuk membahasnya di lain waktu.



☆ HADIS PERTAMA



عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَجُلًا شَكَا إِلَى رَسُوْلِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَسْوَةَ قَلْبِهِ، فَقَالَ لَهُ: إِنْ أَرَدْتَ تَلْيِيْنَ قَلْبِكَ فَأَطْعِمِ الْمِسْكِيْنَ وَامْسَحْ رَأْسَ الْيَتِيْمِ.



Dari Abu Hurairah, bahwasanya ada seseorang yang mengeluhkan kerasnya hati kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu beliau berkata kepadanya: “Jika engkau ingin melembutkan hatimu, maka berilah makan kepada orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.”

(Hadis hasan riwayat Ahmad. Lihat: ash-Shahihah No. 854 & Shahih al-Jami’ karya al-Albani No. 1410)



☆ HADIS KEDUA



Di kitab Shahih at-Targhib oleh al-Albani, dari Abu Hurairah radhiyaAllahu 'anhu bahwasanya seseorang mengeluhkan kerasnya hati kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu beliau berkata: 



اِمْسَحْ رَأْسَ الْيَتِيْمِ وَأَطْعِمِ الْمِسْكِيْنَ.



“Usaplah kepala anak yatim dan berilah makan kepada orang miskin.” 

(Hadis hasan lighairihi riwayat Ahmad. Lihat: Shahih at-Targhib No. 2454)



☆ HADIS KETIGA



Di kitab Ahkam al-Janaa-iz karya al-Albani, Abdullah bin Ja’far bin Abi Thalib radhiyaAllahu 'anhuma bercerita, diantara yang beliau sampaikan: 



ثُمَّ مَسَحَ عَلَى رَأْسِي ثَلَاثًا وَقَالَ كُلَّمَا مَسَحَ اللَّهُمَّ اخْلُفْ جَعْفَرًا فِي وَلَدِهِ.



“ ... kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengusap kepalaku sebanyak tiga kali. Setiap kali mengusap beliau berdoa: ‘Ya Allah, jadikanlah pengganti Ja’far pada anaknya ... “.

(Hadis hasan. Lihat: Ahkam al-Janaa-iz, hal. 212)



Ja’far bin Abi Thalib radhiyaAllahu anhu sebagaimana kita ketahui mati syahid pada peperangan Mu’tah di Syam ketika kaum muslimin melawan pasukan Romawi. Sedangkan Abdullah -anaknya- pada waktu itu masih berumur sekitar delapan tahun. Allahu a’lam.



Marilah kita bersama-sama menyayangi anak yatim, diantaranya dengan mengusap kepalanya dengan penuh kasih sayang.

Semoga perbuatan baik tersebut menjadikan hati kita semakin lembut dan menjadikan kita kiat taat kepada Dzat Yang Mahamembolak-balikan hati. Allahummastajib. 



✅ Bagian Indonesia 

🏠 DAMMAM KSA

📅 [ 15/06/1437 H ]

============================



Dipost Ustadz Muhammad Sulhan Jauhari, Lc, MHI -hafizhahullah- tgl 25 Maret 2016

Posting Komentar

0 Komentar